Sabtu, 16 April 2016

Laporan Kegiatan Character Building Pertemuan Pertama


Pembelajaran di PAUD Candranaya dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building
LA23 Drs. Rusliansyah Anwar, M.ENG, D3191
TK Candranaya Jl. Jembatan Besi II No.26, Tambora
PIC : Ibu Mira Dewi W.

Tim yang hadir :

Ketua : Andrew             (1901466692)

Anggota :
1. M. Ichsan Pramadi   (1901464926)
2. Albert Tanoto            (1901456136)
3. Louis Hartanto          (1901466244)
4. Felicia Evan              (1901458886)
5. Hermanto                 (1901462933)
6. Steven                      (1901457896)
7. Marcellina Setiawan (1901456262)

Hari pertama kelompok kami mengajar di PAUD Sekolah Candra Naya dengan jumlah 7 orang dari kelompok kami, kami datang pukul 08.00 pagi dan kegiatan belajar mengajar baru dimulai 15 menit setelah itu, pertama kali kami masuk ke kelas tentunya kami sangat senang disambut oleh anak - anak TK/A dengan penuh riang dan gembira, karena mereka semua bersemangat kami pun jadi ikut bersemangat untuk mengajar anak-anak tersebut tidak hanya anak-anaknya saja yang menyambut kami tetapi guru-guru nya pun menyambut kami dengan hangat dan ramah. Kesan kami pertama kali mengajar di Sekolah Candranaya yaitu orang-orangnya ramah dan sangat terbuka, kami pun jadi nyaman untuk melangsungkan kegiatan di sekolah itu.

Sesi pertama kegiatan belajar mengajar

Di sesi pertama ini kami mengajarkan beberapa hal kepada anak-anak yaitu : Mewarnai, Membaca, dan Menulis. Jadi setiap anak mempunyai buku tugas masing-masing, di awal jam pelajaran kami membagikan buku tugas tersebut ke setiap anak masing-masing, setelah semua buku sudah dibagikan, guru pun memerintahkan mereka untuk membuka halaman yang bersangkutan pada materi yang akan kami ajarkan kepada anak-anak tersebut.

Anak-anak pun bergegas untuk mengambil alat-alat mewarnai dan menulis mereka dari tas masing-masing, barulah kami membantu setiap anak untuk mengerjakan tugas mereka yang telah diperintahkan oleh guru mereka, berlangsunglah kegiatan belajar mengajar selama 1 jam lebih kami pun senang bisa ikut membantu dan mendidik anak-anak Candranaya, hasil dari tugas yang mereka kerjakan juga cukup memuaskan semua anak menyelesaikan tugas mereka masing-masing.

Sesi Kedua kegiatan belajar mengajar

Setelah anak-anak selesai mengerjakan tugas mereka masing-masing, guru pun memberikan mereka waktu istarahat kurang lebih selama 15 menit, sebelum mereka menyantap makanan mereka masing-masing anak-anak pun diperintahkan untuk berbaris di depan wastafel untuk mencuci tangan sebelum makan, setelah semua anak sudah cuci tangan mereka mengeluarkan bekal mereka masing - masing yang sudah disiapkan oleh orang tuanya dari rumah dan kegiatan makan pun berlangsung, kami pun juga turut membantu mereka dalam kegiatan makan berlansung.

Sesi Terakhir kegiatan belajar mengajar

Setelah semua anak selesai makan ada selang waktu luang selama 15 menit untuk mereka bermain bersama temannya-temannya, setelah itu baru mereka bersiap - siap untuk pulang, anak-anak duduk di kursi mereka dengan rapih dan guru pun mengajak untuk berdoa terlebih dahulu sebelum mereka pulang, sudah selesai berdoa mereka berbaris lagi di depan pintu kelas untuk pulang kerumah mereka masing-masing, mereka semua pun pamit kepada kami semua dan selesailah tugas kami di hari pertama kami pun pamit kepada guru-gurunya dan menginggalkan sekolah tersebut.

Metode yang kami gunakan adalah : Classroom

- Hal Positif : Metode ini sangat efektif dalam jumlah murid yang cukup banyak sehingga tidak perlu banyak membuang waktu dan semua perhatian anak tertuju kepada pengajar.

- Hal Yang Masih Kurang Baik : Ada beberapa anak yang perhatiannya tidak fokus pada pengajar yang memberi materi sehingga diperlukan perhatian lebih kepada anak tersebut.

Hasil Kegiatan :

Kami belajar bahwa mendidik anak tidak segampang yang kami bayangkan, kami butuh kesabaran, ketekunan, dan konsentrasi kami pun juga diuji, dan kami dituntut untuk menjadi seorang role-model bagi mereka, karena apa yang mereka lihat dari kami akan mereka contoh, jadi kami harus berperilaku yang baik dan benar sebagai contoh yang baik untuk mereka. 

Kesimpulan :

Anak - anak bangsa Indonesia mempunyai masa depan yang cerah jika dibekali pendidikan yang baik serta pelajaran etika, sopan santun, bersosialisasi yang baik pula, jika semua hal itu sudah melekat di dalam diri sang anak niscaya Indonesia kedepannya mempunyai generasi yang cerdas dan mampu berkontribusi untuk bangsa kita serta cinta kepada bangsanya sendiri



Berikut form evaluasi Pertemuan Pertama :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar