Senin, 18 April 2016

Laporan Kegiatan Character Building Pertemuan Ketiga


Pembelajaran di PAUD TK CandraNaya dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)

I.  Bagian Awal

Kelas CB                            : LA 23
Nama Dosen                      : DRS. RUSLIANSYAH ANWAR, M.ENG
Kode Dosen                       : D3191
Hari & Tanggal                    : Kamis, 7 April 2016
Waktu Pelaksanaan            : 08:00 – 10:00 (2 jam)
Lokasi Pelaksanaan           : TK. CANDRANAYA
                                             Jl. Jembatan Besi 2 No.26, Tambora, Jakarta Barat
PIC                                     : Ibu Mira Dewi W.

Nama dan NIM Ketua yang hadir : Andrew - 1901466692
Nama dan NIM Tim yang hadir    :
      Albert Tanoto                                                - 1901456136
      Louis Hartanto                                              - 1901466244
      Mumammad Ichsan Pramadi                        - 1901464926
      Marcellina Setiawan                                     - 1901456262
      Felicia Evan                                                  - 1901458886
      Steven                                                           - 1901457896
Hermanto                                                      - 1901462933


II. Bagian Isi

Hari Kamis ini merupakan pertemuan ketiga mengajar di TK Candra Naya. 10 - 15 menit sebelum jam 8, kami sudah siap untuk mengajar. Materi yang kami siapakan adalah mengenal alat-alat komunikasi dan media informasi
Untuk pertemuan ketiga ini, kami memberitahukan kepada pihak sekolah bahwa kami mengikuti tema yang sudah ditentukan dari sekolah dan menggunakan buku paket dari sekolah. Sebelum masuk untuk mengajar, kami melihat bahwa guru bahasa mandarin masih menyampaikan materi walau jam pergantian pelajaran telah berbunyi. Jadi Kami menunggu hingga guru bahasa mandarin selesai menyampaikan materi. Saat kami masuk, murid-murid menyambut kami dengan gembira. Kami mengabsen mereka sebelum memulai materi. Ada 2 yang absen karena sakit, tetapi kami harus tetap melanjutkan materi. Kami berharap mereka cepat sembuh. Kami memulai materi dengan membagikan buku yang sudah disiapkan.  Materi kali ini bertujuan untuk mengenal alat-alat komunikasi dan media yang digunakan oleh masyarakat sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah selesai menyampaikan materi, kami mengajak murid-murid untuk bermain. Ada yang meminta untuk digendong dan bermain kereta-keretaan.  Kami sempat kewalahan karena banyaknya murid-murid yang ingin digendong dan mengajak bermain. Pukul 09:30 murid-murid beristirahat dan makan bersama. Selesai makan, kami mengevaluasi bersama murid-murid dan guru-guru yang mendampingi apa yang mereka pelajari bersama kami. 10 menit terakhir para murid berdoa terlebih dahulu dan bersiap-siap pulang.
Metode yang pengajaran yang kami terapkan adalah Classroom
Kelebihan dari metode ini dalam pertemuan ketiga : lebih mudah mengajak murid-murid dalam berpikir dan menganalisis bentuk visual/ gambar
Kekurangan dari metode ini dalam pertemuan ketiga :  murid-murid masih kurang fokus dalam proses belajar mengajar di dalam kelas
Evaluasi kinerja kami dalam pertemuan ketiga ini dinilai kurang berkesan karena masih memanjakan murid seperti menggendong, mengajak keliling-keliling kelas sehingga membuat keadaan kelas menjadi tidak kondusif.

Berikut adalah Foto Kegiatan Setelah Menyampaikan Materi

Murid-murid yang sedang di gendong (Felica dan Louis)

Salah satu anggota yang menggendong murid (Albert)

Murid-murid yang meminta untuk digendong (Felicia, Andrew, dan Louis)

III. Bagian Penutup

Hasil Kegiatan

Dari kegiatan ini kami dapat hal baru, dimana harus dituntut untuk bijaksana dalam mengambil keputusan untuk hal yang baik dan buruk. Kami juga harus bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang tidak menentu sama halnya seperti mengajar murid-murid yang bisa berlarian dan bermain tanpa mengetahui sebelumnya.

Kesimpulan

Mengamalkan pancasila sejak usia dini dapat mengurangi tindakan yang kurang berkenan saat ia dewasa nanti. Namun tidak terlepas juga dari faktor pengajar salah satunya kami berperan besar dalam membantu mengamalkan nilai pancasila kepada murid-murid.  Para murid usia dini lebih mudah meniru atau mengikuti apa yang dikatan oleh pengajar. Untuk itu, kami berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi murid-murid

Next To Do

-      Lebih Tegas dan bijaksana dalam memenuhi keinginan para murid
-      Berinteraksi yang lebih menarik dengan para murid dan inisiatif kelompok dalam membantu penyampaian materi

Jumlah peserta  secara keseluruhan berjumlah 25 dan ada 2 yang absen. Jadi yang hadir berjumlah 23 murid

Form Evaluasi Kegiatan Pertemuan Ketiga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar