I. Bagian Awal
Kelas CB : LA 23
Nama Dosen :
DRS. RUSLIANSYAH ANWAR, M.ENG
Kode Dosen :
D3191
Hari & Tanggal : Kamis, 7 April 2016
Waktu Pelaksanaan : 08:00 – 10:00 (2 jam)
Lokasi Pelaksanaan : TK. CANDRANAYA
Jl. Jembatan Besi 2 No.26, Tambora, Jakarta
Barat
PIC : Ibu Mira Dewi W.
Nama dan NIM Ketua yang hadir : Andrew
- 1901466692
Nama dan NIM Tim yang hadir :
Albert
Tanoto -
1901456136
Louis
Hartanto -
1901466244
Mumammad
Ichsan Pramadi - 1901464926
Marcellina
Setiawan -
1901456262
Felicia
Evan -
1901458886
Steven -
1901457896
Hermanto - 1901462933
Hermanto - 1901462933
II. Bagian Isi
Hari Kamis ini merupakan
pertemuan ketiga mengajar di TK Candra Naya. 10 - 15 menit sebelum jam 8, kami
sudah siap untuk mengajar. Materi yang kami siapakan adalah mengenal alat-alat
komunikasi dan media informasi
Untuk pertemuan ketiga ini, kami
memberitahukan kepada pihak sekolah bahwa kami mengikuti tema yang sudah
ditentukan dari sekolah dan menggunakan buku paket dari sekolah. Sebelum masuk
untuk mengajar, kami melihat bahwa guru bahasa mandarin masih menyampaikan
materi walau jam pergantian pelajaran telah berbunyi. Jadi Kami menunggu hingga
guru bahasa mandarin selesai menyampaikan materi. Saat kami masuk, murid-murid
menyambut kami dengan gembira. Kami mengabsen mereka sebelum memulai materi.
Ada 2 yang absen karena sakit, tetapi kami harus tetap melanjutkan materi. Kami
berharap mereka cepat sembuh. Kami memulai materi dengan membagikan buku yang
sudah disiapkan. Materi kali ini
bertujuan untuk mengenal alat-alat komunikasi dan media yang digunakan oleh
masyarakat sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah selesai menyampaikan
materi, kami mengajak murid-murid untuk bermain. Ada yang meminta untuk
digendong dan bermain kereta-keretaan.
Kami sempat kewalahan karena banyaknya murid-murid yang ingin digendong
dan mengajak bermain. Pukul 09:30 murid-murid beristirahat dan makan bersama.
Selesai makan, kami mengevaluasi bersama murid-murid dan guru-guru yang
mendampingi apa yang mereka pelajari bersama kami. 10 menit terakhir para murid
berdoa terlebih dahulu dan bersiap-siap pulang.
Metode yang pengajaran yang kami
terapkan adalah Classroom
Kelebihan dari metode ini dalam
pertemuan ketiga : lebih mudah mengajak murid-murid dalam berpikir dan
menganalisis bentuk visual/ gambar
Kekurangan dari metode ini dalam
pertemuan ketiga : murid-murid masih
kurang fokus dalam proses belajar mengajar di dalam kelas
Evaluasi kinerja kami dalam
pertemuan ketiga ini dinilai kurang berkesan karena masih memanjakan murid
seperti menggendong, mengajak keliling-keliling kelas sehingga membuat keadaan
kelas menjadi tidak kondusif.
Berikut adalah Foto Kegiatan Setelah Menyampaikan Materi
Berikut adalah Foto Kegiatan Setelah Menyampaikan Materi
Murid-murid yang sedang di gendong (Felica dan Louis)
Salah satu anggota yang menggendong murid (Albert)
Murid-murid yang meminta untuk digendong (Felicia, Andrew, dan Louis)
III. Bagian Penutup
Hasil Kegiatan
Dari kegiatan ini kami dapat hal
baru, dimana harus dituntut untuk bijaksana dalam mengambil keputusan untuk hal
yang baik dan buruk. Kami juga harus bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi
yang tidak menentu sama halnya seperti mengajar murid-murid yang bisa berlarian
dan bermain tanpa mengetahui sebelumnya.
Kesimpulan
Mengamalkan pancasila sejak usia
dini dapat mengurangi tindakan yang kurang berkenan saat ia dewasa nanti. Namun
tidak terlepas juga dari faktor pengajar salah satunya kami berperan besar
dalam membantu mengamalkan nilai pancasila kepada murid-murid. Para murid usia dini lebih mudah meniru atau
mengikuti apa yang dikatan oleh pengajar. Untuk itu, kami berusaha semaksimal
mungkin memberikan yang terbaik bagi murid-murid
Next To Do
- Lebih Tegas dan bijaksana dalam memenuhi
keinginan para murid
- Berinteraksi yang lebih menarik dengan para
murid dan inisiatif kelompok dalam membantu penyampaian materi
Jumlah peserta secara keseluruhan berjumlah 25 dan ada 2
yang absen. Jadi yang hadir berjumlah 23 murid
Form Evaluasi Kegiatan Pertemuan Ketiga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar