Dosen : RS. RUSLIANSYAH
ANWAR, M.ENG
Waktu :Jumat , 15 Maret 2016
Pukul : 08.00 - 10.00
Lokasi : TK Chandra Naya
PIC : Ibu Mira Dewi W.
Tim yang Hadir :
Ketua :
Andrew (1901466692)
Anggota :
1.Albert Tanoto
(1901456136)
2.Louis Hartanto
(1901466244)
3.M. Ichsan Pramadi
(1901464926)
4.Marcellina Setiawan
(1901456262)
5.Felicia Evan
(1901458886)
6. Steven
(1901457896)
7. Hermanto (1901462933)
II. BAGIAN ISI
Hari ini merupakan pertemuan kedua
dari sesi mengajar kami. Yang kami lakukan pertama – tama adalah berkumpul di
lobby sekolah. Masing – masing dari kami berangkat sendiri – sendiri ke TK
Chandra Naya. Beberapa hari sebelum mengajar, kami sudah mempersiapkan diri
untuk mengajar. Materi yang akan kami bawakan adalah belajar melipat origami.
Kami telah mempersiapkan kertas origami dan kami juga sudah belajar melipat
origami.
Pada keesokan harinya sebelum
mulai mengajar, kami mengadakan briefing dan meminta izin kepada kepala sekolah
untuk mengajar. Setelah itu, kami menunggu hingga guru yang sedang mengajar di
kelas telah selesai menyampaikan materi. Pada pukul 08.00, kami mulai masuk dan
menyampaikan materi. Semua anak terlihat antusias menyambut kami. Pada hari ini
kami akan mengajarkan untuk membuat origami kupu – kupu. Selain untuk mengenal
bentuk, belajar melipat origami juga sangat baik sebagai sarana pembelajaran
mengenai warna. Selain itu kesabaran dan ketekunan para murid juga diuji.
Kami menggunakan metode Classroom,
yang cukup efektif untuk mengajar para murid. Sebagian besar dari mereka cukup
telaten, hal ini dikarenakan sebelum memulai melipat, kami telah mempersiapkan
hadiah untuk origami terbaik. Nampaknya, hal ini memacu semangat mereka untuk
belajar. Kami membawakan biscuit dan permen untuk mereka yang dapat
menyelesaikan origaminya dengan baik. Sayangnya, beberapa anak masih tidak
terlalu tanggap dengan acara melipat tersebut. Sebagian dari mereka mengeluh
bahwa origaminya susah. Hal itu tidak menjadi masalah, karena kami siap
membantu mereka untuk melipat origami tersebut. Hal itu membuat kami menjadi
lebih dekat dengan mereka dan dapat berinteraksi lebih dengan mereka.
Selain itu kami juga tidak lupa
untuk mengevaluasi kegiatan ini. Hasil evaluasi tersebut cukup baik. Kami
dinilai sopan dan juga tepat waktu. Hal itu terjadi karena kami membiasakan
diri untuk berkumpul setengah jam sebelum jam mengajar. Tentu saja kami akan
mempertahankan apa yang telah menjadi hasil evaluasi kami ini
III. BAGIAN KETIGA
HASIL KEGIATAN
Dari kegiatan ini, kami belajar
banyak hal. Selain cara untuk berinteraksi dengan social dan berbicara di depan
publik. Kami juga belajar untuk sabar dan tekun. Dengan mengajari para murid
yang terbilang cukup aktif, kami merasakan bagaimana kami harus bias bersabar
untuk membujuk para murid untuk mau focus melipat. Selain itu kami juga dapat
belajar mengenai ketepatan waktu dan disiplin. Karena kami sebagai pengajar
menjadi pedoman bagi murid – murid tersebut, sehingga kami harus berperilaku
baik.
KESIMPULAN
Dengan adanya kegiatan ini membuat
kami semakin sadar akan pentingnya mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari
– hari. Berperilaku berdasarkan pancasila akan menjadi sangat penting apabila
kita dilihat sebagai role model. Saat menjadi role model bagi para murid, kita
harus memberi contoh yang baik agar tidak memberi pengaruh buruk kepada para
murid.
NEXT TO DO
-
Lebih berinisiatif dan kreatif saat
mengembangkan materi dan memilih materi
-
Menjadi lebih dekat lagi dengan para murid dan
memberi semangat untuk mereka agar mereka lebih rajin lagi kedepannya
Contoh origami yang kami buat
Anak - anak yang minta digendong
saat mengajarkan membuat origami
mengajak anak - anak untuk fokus
diakhir sesi, kami tidak lupa untuk foto
hasil evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar